Kelinci melahirkan

Proses melahirkan kelinci dimulai dengan kawinnya jantan dan betina. Setelah terjadi perkawinan satu minggu kemudian kelinci akan gelisah menggaruk2 kandang, menggigit kandang (jika kandang terbuat dari kayu akan terlihat bekasnya) kitapun jika akan memberi makan ada kemungkinan akan digigitnya, tapi jangan khawatir itu hanya refleknya saja kepada kita, kalau sudah terbiasa tidak apa2. ini terjadi mungkin karena ada perbedaan dalam perutnya. Porsi makannya akan lebih banyak. Pada usia kehamilan 20 hari kelinci akan lebih gelisah dan lebih galak terutama jika ada kelinci jantan di sebelahnya (usahakan untuk jauhkan kelinci jantan dengan kelinci betina yang sedang hamin). Pada usia kehamilan 25 hari, usahakan tempat persalinan sudah tersedia (kotak beranak). Usahakan agar ada jerami atau rumput kering di dalam kandangnya, semakin banyak jerami semakin baik, jangan letakkan jerami kedalam kotak tapi biarkan sang kelinci sendiri yang mengambilnya dengan menggunakan mulutnya. Jerami2 ini akan di susun didalam mulutnya, jika sudah rapi akan diletakkan di dalam kotak. Pada usia 25 – 30 hari ini kelinci akan merontokkan bulu2nya kedalam kotak, jadi jangan heran jika bulu2 disekitar dada dan perutnya akan botak. Pada usia 30 – 32 hari kehamilan, kelinci akan melahirkan. Usahakan pada usia kehamilan ini makanan didalam kandang tersedia cukup, memang pada usia ini nafsu makan kelinci akan berkurang sehingga akan sering tersisa, tapi kita tidak tahu pasti kapan dia akan melahirkan, memang perkiraannya pada hari2 itu. Kenapa makanan ini harus tersedia cukup sedangkan nafsu makannya berkurang sekali? Pada saat melahirkan kelinci akan banyak menguras tenaga, karena proses melahirkan ini tidak ada yang membantu dan memang tidak ada yang bisa membantunya. Setelah melahirkan kelinci akan sangat lapar dan haus, nah disinilah pentingnya makanan dan minuman itu, jika dia tidak menemukan makanan/minuman yang cukup dikhawatirkan kelinci akan memakan anaknya.

anak Flamis Giant 2 minggu

anak Flamis Giant 2 minggu

Yang perlu diperhatikan pada kelinci hamil.
1. Sediakan makanan yang cukup dan bervitamin.
2. jauhkan dari keramaian.
3. jauhkan dari kelinci jantan.
4. jangan satukan dengan kelinci lain dalam satu kandang.
5. jika kelinci sakit, jangan diberi obat apalagi disuntuk (berikan makanan alami yang mengandung obat, seperti daun jambu, daun pepaya dll).
6. Jangan sampai kena angin kencang pada malam hari.

Semoga bermanfaat

–TopsRabbit–

About these ads

Tag: , , , ,

20 Tanggapan to “Kelinci melahirkan”

  1. wahyu adi Says:

    usia berapa saya harus sediakan tempat untuk
    merontokkan bulu kelinci?_ _ _
    kalau kotak di biarin kosong tanpa jerami kenapa???
    apakah tidak apa-apa????????
    Trims atas sarannya ya……

    • topsrabbit Says:

      usia berapa saya harus sediakan tempat untuk
      merontokkan bulu kelinci?

      setelah proses perkawinan (kelinci baik dikawinkan setelah usia 6 bulan) dan kita sudah pastikan bahwa dia hamil dengan ciri2:
      1. makannya lebih banyak dari biasanya
      2. sering menggaruk2 kandang
      3. kotorannya lebih besar dari biasanya (bandingkan dengan temannya)
      4. jika dipegang berutnya ada grenjelan2 (anaknya)
      5. jika tiduran perutnya dimiringkan (menjaga anaknya dalam perut tidak tertindih)

      jika tanda2 itu ada memang kelinci sedang hamil. dan kita harus menyediakan kotak, jika kelinci diumbar (tidak dikandangkan), tidak perlu kotak. karena kelinci akan menggali tanah. kotak harus sudah tersedia pada usia kandungan 25 hari, jika kita tidak tahu berapa usia kandungannya, tidak papa yang penting anda sudah yakin kelinci anda sedang hamil, letakan saja kotak di kandangnya. semakin lama kotak di kandang, kelinci semakin nyaman di kotak tersebut, tapi resikonya kotaknya akan rusak karena digigit dan dicakar2 (buat kotak yang lbih kuat).

      kalau kotak di biarin kosong tanpa jerami kenapa???
      apakah tidak apa-apa????????

      fungsi jerami didalam kotak adalah sebagai penghangat si bayi jika lahir. sang induk akan mencabuti bulunya sampai induk itu merasa keadan dalam kotak itu hangat, jika belum maka dia akan terus mencabuti bulunya sampai botak (kasian kan..).

      Terima kasih, semoga membantu infonya.

  2. popy Says:

    pak, tdi pagi kelinku lahiran 4 ekor…
    tapi semua telingan bayi d cabut sama induknya, itu knapa ya pak ??
    apa lebih baik d pisah dari induknya saja ?? kl di pisah, bagaimana asupan asinya ?? apa bisa d ganti dengan susu bayi saja…??

    mohon saran dan masukan nya pak…
    trimakasih..

  3. yoga aryanantha Says:

    pak kelinci tu melahirlahirkan saat kapan…siang ataw malam hari…

    trus tadi mlam t klinci ku mlahirkan tp mlahir kan nya tidak dalam kotak yg di sediakn tp diluar kotak jdinya ank nya mati…itu knpa y..

    • topsrabbit Says:

      biasanya kelinci lahir pada malam hari. kelinci biasa lahir di tempat yang tersembunyi (aman menurutnya). bisa di dalam lubang (jika diumbar). jika didalam kandang kita usahakan ada kotak beranak, kotak ini harus ada 3-5 hari sebelum lahir (lebih boleh). tujuannya agar kelinci merasa kotak itu adalah bagian dari rumahnya. jika kelinci tidak lahir didalam kotak, kemungkinan kelinci merasa tidak aman dikotak tersebut (mungkin pemberian kotaknya terlambat). seharusnya anak kelinci yang terlahir diluar kotak tidak mati jika baru satu hari. anak kelinci tidak bermasalah lahir dimana saja, yang bermasalah adalah induknya, karena pada usia seperti ini makanan kelinci tergantung dari induknya. pada kasus anda anak kelinci mati padahal baru tadi malam. coba lihat anaknya yang mati, jika ada luka mungkin digigit hewan lain atau malah induknya (walaupun ini jarang terjadi tapi ada juga kemungkinannya jika asupan pakan kurang atau ada hewan lain disekitarnya misalnya kucing, anjing atau tikus). jika tidak ada luka pada anak kelinci tersebut kemungkinan anak kelinci tidak diberi susu oleh sang induk.

      semoga informasinya bermanfaat…. trim’s

  4. dinda Says:

    bagaimana kallau klinci betina dan jantan di gabung???apa yg terjadi??? kotak yg dimaksud apakah sjenis kardus???

    • topsrabbit Says:

      kelinci betina yang sedang hamil tidak boleh berada dalam satu kandang, karena kelinci betina merasa tidak aman disamping jantan. sehingga kelinci betina akan lari-lari dan menyebabkan luka karena terjepit alas kandang atau terbentur dinding kandang. nafsu makannyapun akan hilang. ini mengakibatkan sibetina bisa mati atau luka-luka. untuk kotak ini harus terbuat dari bahan yang tidak mudah rusak karena gigitan kelinci dan kotorannya. bisa dari bahan papan/kayu atau plastik.

  5. Syevie Says:

    kelinci saya tiap kali melahirkan itu paling sedikit 7ekor, tapi kenapa ya anak-anak kelinci itu tidak bisa hidup semua, yang saya amati selama ini salalu ada yang mati, apa karena itu hukum rimba. Siapa yang kuat dialah yang mendapatkan ASI, lha truz gmn solusinya agar kelinci-kelinci saya bisa hidup semua.

    dan untuk kandang kelinci yang paling baik itu terbuat dari pa??

    Terimah kasih…..

  6. septa Says:

    kok kelinci saya udah 31 hari gk ngelahirin tp tanda2 hamil itu ada

    • topsrabbit Says:

      Masa melahirkan kelinci normalnya adalah berkisar antara 28 s/d 32 hari. Jika pada masa ini belum melahirkan coba cek apakah benar kelinci tersebut hamil? jika ya maka coba hitung kembali, apakah memang dari masa kawin sampai sekarang sudah genap 28-32 hari. Jika kedua hal diatas sudah sesuai, maka sabar saja dan pastikan situasi disekeliling kandang tidak ada pejantan dan tidak berisik (buat suasannya nyaman). Pastikan juga ketersediaan pakan sudah cukup.

      terima kasih….. smoga membantu.

  7. Nunu Ibnu Says:

    pak ada gk kelinci hamil yang tidak merontokan bulunya?

    • topsrabbit Says:

      Merontokkan bulu pada kelinci yang akan melahrkan, adalah sifat naluriahnya. Tujuan perontokkan bulu ini adalah untuk penghangat bagi si anak nanti. Tapi jika tanpa bulu si anak sudah hangat, misalnya sudah ada jerami yang cukup di kandangnya, maka si induk ini hanya merontokkan sedikit bulunya terutama pada bagian sekitar susunya, agar bayinya nanti tidak sulit dalam menyusui. Jadi kelinci yang akan melahirkan tetap akan merontokkan bulunya walaupun hanya sedikit.

      terima kasih

  8. banny muhril Says:

    kelinci saya melahirkan, tp mati krna d’rubung semut, smuax ada 5 ekor.
    berapa bulan kh bs d’kawin kn lg setelah melahirkn…..??

    • topsrabbit Says:

      Kelinci bisa dikawinkan lagi setelah kondisi tubuhnya sudah membaik. lihat saja dari tingkah lakunya apakah sudah normal atau masih gelisah akan anaknya? lihat bulu-bulu di tubuhnya apakah sudah normal, atau masih rontok, jika sudah normal maka kelinci bisa dikawinkan kembali.

      terima kasih

  9. dewi indrawati Says:

    apakah kelinci betina bs haid? kelinci sy ini tiba” pipisny ad darahny.. klo emg bs itu biasa berapa hr? trs kelinci sy ini pny kebiasaan spt ciri” hamil kyk menggaruk” kandang,makanny banyak,menggigit tgn org. dl kelinci sy ini ad jantanny tp brp kemudian jantanny mati. apakah ada kemungkinan betina ini hamil????
    mohon jawabanny…

    • topsrabbit Says:

      saya belum pernah menemukan kelinci haid, kalau pipisnya berwarna merah pastikan apakah itu darah atau bukan, karena pipis kelinci bisa berwarna merah tergantung dari makanannya. Selama kelinci masih lincah dan nafsu makannya banyak, keadaan ini tidak apa-apa. Kelinci hamil memang menjadi agresif dan sering menggaruk-garuk kandang, coba diraba bagian perutnya, jika ada bulatan-bulatan kecil, bisa dipastikan dia hamil. Sediakan saja kotak beranak agar sang induk ini tidak gelisah.

      terima kasih

  10. gilank Says:

    kenapa kelinci betina ku gag mau di pegag yah???
    kenapa?
    dan kelici betina dan jantan ku suka ku satuin bisa terjadi apa yah????

    • topsrabbit Says:

      Mungkin anda jarang kontak dengan kelinci tersebut, jadi anda terasa asing untuknya. Cobalah sering memberi makan dan sesekali menyentuhnya. Atau mungkin kelinci anda sedang hamil, karena kelinci hamil sangat agresif untuk dipegang dan kadang mengeluarkan suara menggerutu jika disentuh tangan. Kelinci jantan dan betina jangan selalu disatukan (sesekali boleh pada saat mengawinkan), apalagi pada saat hamil. Karena ini bisa membuat sang betina stress dan parahnya bisa sampai keguguran/mati. Untuk kelinci dewasa kandangnya harus terpisah.

      terima kasih

  11. nurul apriani Says:

    kelinci betina sy sudah dkawinkan 2 minggu yg lalu, keadaan nya sekarang suka menumpahkan makanan nya yg tersedia dipiringnya, dan lebih galak..
    apakah kelinci sy sedang hamil pak?? karena sy takut untuk memegang perutnya..
    trimakasih pak….

  12. dita Says:

    kandang kelinci aku tuh ada kamar ber-atap, atap kamar itu biasa dipakai si jantan&betina u/ mejeng ..
    sekarang si betina udah ngelahirin & kamar itu djadiin kotak melahirkan oleh si betina, kamar itu gelap jadi saya ga bisa liat didalem itu ada berapa anak kelinci..
    kondisi kamar yang gelap karna ber-atap bisa ngurangin kenyamanan induk+anak2nya ga ? (u/ menyusui atau u/ pertumbuhan anak2nya)
    *tapi kalo malem kandang pake lampu ko, bales plis :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: